Kamis, 09 Juli 2015

Tips dan Trik PATI UMM

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Untuk para calon Mahasiswa maupun Mahasiswi yang nantinya akan masuk di Universitas Muhammadiyah Malang, pastinya nanti kalian akan mendapatkan Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi. Disini karena saya pernah mendapatkan pelatihan tersebut maka saya akan memberikan tips dan trik yang semoga saja bermanfaat untuk semuanya. Amin.
Berikut Tips dan
Trik nya :





Yang pertama adalah bacalah jadwal, shift, dan tempat yang tersedia di kartu kendali anda masing-masing.

Yang kedua adalah jangan datang tepat waktu atau pun terlambat. Usahakan datang sebelum jam pelatihan dimulai. Mengapa? Hal ini tentu bermanfaat bagi kalian yang belum tahu lokasi pelatihannya. Jadi anda punya waktu untuk mencari tempat pelatihan anda dilaksanakan.

Yang ketiga adalah carilah teman sebanyak-banyaknya. Maksudnya adalah beranikan diri anda untuk berkenalan terlebih dahulu kepada teman-teman baru di sekitar anda selama pelatihan. Hal ini sangat bermanfaat untuk kedepannya. Misalnya saja untuk mengerjakan tugas bersama-sama dan juga berbagi informasi lainnya.

Yang keempat, pada saat anda memasuki ruangan, pilihlah tempat duduk yang paling depan. Mengapa? Agar anda dapat penjelasan yang jelas dari Instruktur maupun Asisten pelatihan. Jika anda duduk di bangku belakang, maka anda akan sedikit kesusahan untuk mendapatkan penjelasan maupun instruksi yang dikatakan oleh Instruktur maupun Asisten pelatihan.

Yang kelima, cobalah untuk aktif bertanya. Jangan malu! Ingat! Malu bertanya, sesat dijalan. Jika anda tidak ingin kebingungan dalam menjalani pelatihan, cobalah untuk langsung bertanya kepada Instruktur atau Asisten pelatihan yang ada di ruangan agar anda mengerti dan tidak akan kebingungan apabila diberi tugas.

Yang keenam adalah tips mengerjakan tugas yang diberikan selama pelatihan berlangsung. Biasanya akan ada yang namanya evaluasi yang harus dikerjakan oleh setiap individu. Evaluasi tersebut menggunakan waktu sehingga anda tidak leluasa mencari jawaban di buku panduan maupun di sumber informasi lainnya. Tetapi, karena kita diberi kesempatan untuk mengerjakannya sebanyak dua kali, maka pergunakan kesempatan tersebut dengan semaksimal mungkin. Misalnya saja pada kesempatan yang pertama, bacalah terlebih dahulu buku panduan yang berisi materi lalu jawablah soal-soal yang ada di buku tadi agar tidak kaget saat mengerjakan evaluasi. Soal-soalnya yang tertera di evaluasi tidak terlalu jauh berbeda dengan yang ada di buku. Setelah itu, kerjakan soal evaluasi tersebut dengan cepat, ingat ada durasinya. Apabila ditemukan soal yang cukup sulit dan tidak bisa anda jawab dengan benar atau anda tidak yakin dengan kebenarannya, catatlah soal tersebut di kertas atau buku yang sudah disiapkan. Hal itu bertujuan agar sebelum anda mengerjakan di kesempatan terakhir nanti, anda sudah menemukan jawabannya terlebih dahulu sehingga bisa dipastikan bahwa hasil nilai evaluasi anda akan lebih baik daripada yang pertama.


Okeee, sekian dulu tips dan trik dari saya. Jujur saja itu semua pengalaman saya selama mengikuti PATI UMM 2015. Karena saya pernah kesasar, duduk dibelakang, agak malu bertanya dan akhirnya sesat dijalan hehehehe. Terima kasih, semoga bermanfaat yaa^^
Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar