Kamis, 09 Juli 2015

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Sebagai Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang ini, saya akan menulis tentang fakultas dan jurusan yang saya ambil disini yaitu di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.


Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang

    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memulai perkuliahan dengan
Jurusan Pendidikan Agama. Namun, sehubungan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Departemen Agama pada 1968, maka Jurusan Pendidikan Agama berdiri sendiri menjadi Fakultas Tarbiyah. Setelah itu, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan masyarakat akan pentingnya mengenyam pendidikan, akhirnya didirikanlah beberapa program studi seperti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Moral Pancasila pada tahun 1983. Lalu pada tahun 1987, FKIP mendirikan program studi baru yakni Pendidikan Bahasa Inggris. Setelah mengalami perubahan sejak 1968, akhirnya FKIP UMM dapat dipercaya oleh masyarakat untuk mendirikan program baru yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada tahun 2007.



Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki visi dan misi sebagai berikut :

Visi : Menjadi fakultas yang unggul dalam pengembangan pendidikan dan keguruan berdasarkan nilai-nilai Islam.

Misi :
   1.  Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu untuk menghasilkan tenaga pendidikan yang unggul dan berkepribadian Islami.
   2.  Menyelenggarakan penelitian di bidang pendidikan dan keguruan yang bermanfaat bagi pengembangan masyarakat.
   3.  Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, kreatif, dan sejahtera.
   4.  Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu kinerja fakultas.
   5.  Menyelenggarakan tata kelola kelembagaan secara efektif dan efisien untuk menunjang peningkatan mutu fakultas.


Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar


   Program pembelajaran program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Muhammadiyah Malang ini didukung oleh para dosen pengajar serta pembimbing yang memiliki kualitas pendidikan yang bermutu yang mencakup lulusan S2 dan S3 baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, fasilitas lain yang ada dalam program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah laboratorium pembelajaran, kegiatan mahasiswa beruba ekstrakulikuler, pembalajarn outdoor, dan lain sebagainya. Dengan segala fasilitas yang telah disediakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang, diharapkan semua Mahasiswa maupun Mahasiswi lulusan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini mampu memenuhi visi dan misi serta nilai-nilai Islami yang berguna bagi nusa, bangsa, agama, keluarga, dan masyarakat sekitar di kemudian hari.



Visi PGSD - FKIP UMM : Menjadi program studi unggul dalam menghasilkan calon guru SD yang berdasarkan etika dan nilai-nilai moral, sains dan teknologi, serta inovasi pendidikan.

Misi PGSD - FKIP UMM :
  1.  Menghasilkan calon Guru SD yang :
       a. Unggul dan kompetitif secara nasional maupun internasional dalam bidang pendidikan SD.
       b. Profesional dalam melakukan pembelajaran di sekolah.
       c. Mempunyai sifat yang antisipatif, responsive, dan kreatif dalam melakukan pembaharuan pendidikan di sekolah.
       d. Mengabdikan profesinya berdasarkan etika dan nilai-nilai moral.
  2.  Mewujudkan diri sebagai program studi yang memiliki iklim kondusif dan dinamis yang mendorong pertumbuhan kehidupan ilmiah, budaya, sosial, religius, dan memiliki sistem pengelolaan yang efektif dan efisien dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. http://www.umm.ac.id/id/page/010304/keguruan--ilmu-pendidikan.htmlhttp://www.umm.ac.id/id/page/01030405/prodi-pgsd.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar