Rabu, 08 Juli 2015

Sidoarjo-politan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai teman-teman^^ kali ini saya akan membagi informasi mengenai Kabupaten Sidoarjo yang merupakan kota dimana saya tinggal bersama dengan keluarga saya.

Sidoarjo



Sejarah dan Wilayah

    Sidoarjo mempunyai sejarah yang cukup panjang. Awalnya, nama Sidoarjo adalah Sidokare dan Sidoarjo juga merupakan bagian dari Kabupaten Surabaya di jaman Kerajaan Janggala. Namun, setelah para pemimpin daerah pada masa itu berunding, akhirnya nama Sidokare diganti dengan Sidoarjo dan wilayah tersebut dipisahkan dari daerah Surabaya. Letak geografis Sidoarjo berada di dataran rendah. Sidoarjo dikenal dengan sebutan Kota Delta karena berada diantara dua sungai besar pecahan Kali Brantas, yakni Kali Mas dan Kali Porong. Kota Sidoarjo berada di selatan Surabaya dan secara geografis kedua kota ini seolah-olah menyatu. Batas wilayah Sidoarjo dibagian Utara adalah Surabaya dan Gresik, dibagian Selatan adalah Pasuruan dan Mojokerto, dibagian Barat adalah Mojokerto, dan dibagian Timur adalah Selat Madura. Sidoarjo memiliki 18 Kecamatan, antara lain :

Transportasi dan Lalu Lintas

    Di Sidoarjo, kita bisa menjumpai transportasi berupa angkutan umum, ojek, becak, becak motor, delman, kereta api, minibus, dan bus kota. Layanan tranportasi kereta api bisa ditemukan di Stasiun Sidaorjo, transportasi bus kota atau bus antar kota dan provinsi bisa kita jumpai di Terminal Purabaya, dan transportasi pesawat bisa kita jumpai di Bandara Internasional Juanda. Pada bulan April lalu, pemerintah Sidoarjo sedang berusaha untuk menjalankan transportasi baru di kota Sidoarjo ini, yaitu seperti Busway yang sebenarnya sudah dipersiapkan halte tempat bus tersebut berhenti dibeberapa lokasi. Namun sayang, sampai saat ini Busway tersebut belum bisa beroperasi dikarenakan demo yang dilakukan oleh para supir angkutan umum yang merasa dirugikan apabila ada Busway yang rutenya dari Porong sampai Terminal Purabaya dan sebaliknya dengan tarif yang hanya Rp. 5000,- jauh maupun dekat.



    Sebagai wilayah yang terus berkembang menjadi lebih baik, cukup banyak warga di Sidoarjo yang memiliki kendaraan sendiri. Hal ini mengakibatkan macet di jalanan, terutama di pagi hari saat orang-orang yang akan bekerja berangkat melewati pintu masuk jalan tol di daerah Pondok Mutiara dan juga anak sekolah yang membawa kendaraan masing-masing. Tak hanya di pagi hari, pada saat jam pulang kerja pun Sidoarjo macet, pada saat malam minggu juga macet, ini semua akibat dari peningkatan volume kendaraan tiap tahunnya.


Olahraga


    Sidoarjo memiliki club sepakbola professional yang bernama Deltras FC atau biasa disebut The Lobster yang didirikan pada tahun 1989 dan bagi penggemarnya disebut Delta Mania. Deltras FC biasa berlatih di GOR Sidoarjo. Selain itu ada juga Persida. Persida merupakan Persatuan Sepak bola Indonesia Sidoarjo yang mendapat julukan Trenggiling Jawa. Persida menggunakan Stadion Jenggolo sebagai markas kebanggaannya.


Kuliner

    Sidoarjo memiliki cukup banyak kuliner yang terkenal. Misalnya :

1. Kupang Lontong

    


    Bahan utama yang digunakan dalam kuliner kupang lontong ini adalah semacam hewan laut kerang yang bernama kupang dan juga lontong. Kupang lontong ini biasa dihidangkan bersama Sate Kerang, lentho, es degan, dan kuah petis. Masyarakat sekitar percaya bahwa siapa saja yang memakan Kupang Lontong dengan es degannya, maka penyakit di dalam tubuh akan hilang.

2. Sate Kerang

    Sate kerang ini terbuat dari daging kerang yang kecil-kecil, dimasak dan diberi bumbu, lalu ditusuk seperti sate. Namun uniknya sate kerang dari daerah ini tidak dibakar atau dipanggang seperti halnya sate pada umumnya, melainkan direbus saja. Sate kerang ini kerap disajikan bersama Kupang Lontong dan Lontong Balap.

3. Kerupuk Udang

    Kerupuk udang ini terbuat dari udang kecil atau udang rebon yang ditumbuk hingga halus, lalu dicampur dengan tepung tapioka dan bahan lainnya. Kerupuk udang ini biasa disajikan pada saat makan atau sebagai pelengkap makanan utama.

4. Bandeng Asap dan Bandeng Presto


     Bahan utama pembuatan jelas sekali adalah ikan bandeng. Perbedaannya terletak pada cara memasaknya. Bandeng asap dimasak dengan cara di asap-asap sehingga tahan lama dan cocok dijadikan oleh-oleh. Sedangka bandeng presto dimasak dengan cara dipresto sampai duri-duri ikannya menjadi lunak sehingga semua bagian tubuh pada ikan bandeng ini dapat dimakan semua.

5. Petis




    Petis merupakan sejenis bumbu dapur yang biasa dijadikan saus berkuah dalam makanan. Petis terbuat kuah dari udang atau ikan yang dipanaskan hingga menjadi kental padat.


Pariwisata
1. Museum Mpu Tantular


    Di Museum Mpu Tantular ini kalian bisa melihat barang-barang yang memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi dan mengetahui asal usulnya. Yaa, hitung-hitung bermain sambil belajarlah hehehe

2. Kampung Batik Jetis

    Dibaca dari namanya saja pasti kalian sudah bisa menebak. Ya, disinilah kebanyakan batik asli Sidoarjo dibuat. Kalian bisa melihat alatnya, tempatnya, sampai cara pembuatan batik Sidoarjo disini. 

3. Wisata Lumpur

     Wisata Lumpur ini awalnya bukanlah tempat wisata, melainkan bencana. Mengapa bencana? Karena terjadi kebocoran pengeboran lumpur di wilayah Porong Sidoarjo pada Mei 2006 yang mengakibatkan banyak desa terendam lumpur panas tersebut. Banyak keluarga yang kehilangan tempat tinggal dan usaha mereka akibat bencana ini. Namun karena semburan terus terjadi, hal ini menyebabkan volume lumpur yang terus meningkat dan membuat lumpur di https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Sidoarjobeberapa wilayah mengering membuat warga daerah lain tertarik untuk melihatnya dan dijadikan tempat wisata oleh warga setempat.

    Selain itu semua, masih banyak lagi kuliner, olahraga, wisata, dan lain-lain di Sidoarjo. Jika sempat, teman-teman datang dan mainlah ke Sidoarjo ya hihi^^ terima kasih.
Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar